04:46:02 - 06.09.2010

LOGIN ANGGOTA






Kata Sandi hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Home arrow Artikel arrow Budaya arrow Besemah Sekali Nuduh
Besemah Sekali Nuduh PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Jeme Kite   
Kesatuan masyarakat Besemah atau Jagat Besemah tidak memiliki batas wilayah geografis yang tegas. Mereka tersebar di berbagai rurah (daerah) Besemah, yang kadang dipisahkan oleh suku lain. Namun walaupun terpisah secara geografis dan pada akhirnya terpisah secara administratif, mereka tetap merasa dan mengakui dirinya Juray Besemah atau Jeme Besemah (keturunan/ orang Besemah).

Demikianlah adanya Besemah Sekali Nuduh terdiri dari :
 
- Rurah Besemah Libagh (Pagaralam, Ulu Selangis, Tengah Padang/ Besemah Tengah, Besemah Seberang Ndikat, Besemah Impit Bukit dan Padang Tinggi),
- Rurah Mulak,  Pagar Gunung (Mulak Ulu, Pagargunung, Mulak Iligh/ Merapi),
- Rurah Lematang (Lematang Ulu termasuk Lahat, Bandar Agung dan Merapi, Lematang Iligh),
- Rurah Kikim,
- Rurah Besemah Ulu Lintang (Jaray),
- Rurah Besemah Ayik Keghuh (Empat Lawang),
- Rurah Besemah Ulu Manak (Tanjung Sakti),
- Rurah Besemah Ulu Alas (di Kec Talo Kab Seluma, Bengkulu),
- Rurah Palas Pasemah (dekat Bakauheni Lampung Selatan),
- Rurah Kisam termasuk Bayur di OKU,
- Rurah Mengkakau di OKU,
- Rurah Rebang di Kab Way Kanan Lampung,
- Rurah Semende Panjang,
- Rurah Inim dan Ulu Inim,
- Rurah Ulu Ugan (Ulu Ogan),
- Rurah Kedurang, Padang Guci, Kelam, Kinal, Kaur di Bengkulu,
- Rurah Lintang (Lintang Kanan dan Lintang Kidaw).

Jadi jelas pengertian Besemah yang mengacu pada kesatuan masyarakat etnik dan rurah tempat tinggal masyarakat etnik Besemah tersebut, jauh lebih luas daripada bekas Kewedanan Tanah Pasemah ataupun Onderafdeeling Pasemah Landen yang memang merupakan politik devide et impera yang dijalankan oleh Kolonial Belanda yang bertujuang agar wilayah Besemah tidak kuat lagi.

Kalau menyebut Jeme Besemah / Anak Besemah (Juray Besemah) bukan hanya ditujukan kepada orang Pagaralam sebagai penduduk asli Kabupaten Lahat, Kota Pagaralam dan Semende melainkan meliputi semua keturunan Besemah yang tersebar sampai ke Bengkulu dan Lampung yakni daerah-daerah yang disebut Besemah Sekali Nuduh. (Dikutip dari Buku Atung Bungsu, Sejarah Asal Usul Jagat Besemah, Tulisan A.Bastari Suan, EK Pascal, Yudi Herpansi)
 
Komentar-Komentar (141) >>
...
Ditulis oleh yudhistira, 28 November, 2008

besemah gale namenye,.. smilies/cheesy.gif

mak mane ngah lintang ye basenye mulai lain nga base besemah,... mang?

...
Ditulis oleh Kangfekri, 13 December, 2008

smilies/smiley.gifBanyak Sejarawan maupun pemerhati budaye kite ye masih kurang croos chek tentang data ye ade. Kbanyakan hanye mengutip tulisan-tulisan terdahulu. Misalnye "Rurah Mengkakau" di OKU. Sebetulnye "Rurah Mekakau" atau "Rurah Semende Mekakau" di OKU Selatan, "Bayur" bukan bagian dari "Rurah Kisam" melainkan "Rurah Semende Bayur",Rurah Rebang seharusnye " Rurah Rebang Semende", Rurah Kedurang seharusnya "Semende Kedurang", "Kaur" seharusnye "Semende Kaur" dan juga "Semende Ulu Nasal" di Bengkulu. Demikian untuk difahami

...
Ditulis oleh Kangfekri, 13 December, 2008

smilies/smiley.gifKhusus untuk mengetahui "Sejarah Tanah Semende" sebagai bagian dari "Tanah dan Kebudayaan Besemah" atau dalam kompleksitas budaya kedua kebudayaan ini dinamakan sebagai "Djagad Besemah Libagh - Semende Panjang", silahkan mengirimkan sms anda ke 0813 8179 9779 atau 0815 3276 9669 atau melalui telp. (0651)32279 dan atau E-Mail : Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya . Demikian Informasi dari kami (LASKAR ADAT SEMENDE : Kiam Radja Muda (Tgk. Fekri Juliansyah)/Kang Fekri) Wasalam

...
Ditulis oleh Kangfekri, 13 December, 2008

smilies/smiley.gif smilies/smiley.gifUntuk mengetahui Sejarah dan budaya "Tanah Semende" silahkan menghubungi kami di Email : Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya atau SMS ke 0813 8179 9779 - 0815 3276 9779, telp (0651)32279 atau Kirim Surat anda ke Jl. Batara Utama No.9 Komplek Lembah Hijau, Banda Aceh_Nanggroe Aceh Darussalam.
(Kiam Radja Muda/Tgk. Fekri Juliansyah)Panglima Laskar Adat Semende, pemerhati sejarah dan budaya Semende, Redaktur Pelaksana Tabloid Cut Nyak Dhien Banda Aceh_NAD.

...
Ditulis oleh U.Darmadi, 14 December, 2008

Saran: Makmane kalu artikel tentang Tanah Semende ditulis bae disini... mangke pengunjung pacak gale nga kisahe...

...
Ditulis oleh pondes, 19 December, 2008

kalu lah iluk buat propinsi baru kite tu, propinsi besemah

...
Ditulis oleh Dedy Suryawan, 30 January, 2009

payu bae buat prop besemah, anye lak siap belum SDM dan sumberdaya smilies/grin.gif

...
Ditulis oleh nuky, 07 February, 2009

setuju ama ndak mbuat propinsi baru.......
pacak daerah kite tu cpt maju.....
kale masalah SDM pck sambil jalan........
and kurase banyak jeme kite ye pintar2 ye masih merantau......
nanti kite ajung balik gale.............
oya ne aku nuki jeme pd.guci kaur......aku kini lg kuliah d yogyakarta.....


...
Ditulis oleh adi, 18 February, 2009

Udemla kakak, adeng, bibik, mamang ngicek tentang "provinsi besemah"..
Kalu mase banyak ye nak dipikirka daripada, -maaf-,"layu kembang dek jadi".

Bukan mudah mbangun provinsi baru-tuu!
Lebih mudah meluruska pemimpin ye bengkok di daerah kite masing - masing daripada ngomong tentang "angan dan cita - cita" yang disampaikan di milis ini.

Nggoh nian ape, pemimpin baru "provinsi besemah" pasti mbawe besemah ke dunie ye lebih baru?Nggoh nian ape,jeme - jeme pintar di rantau galak balek?

Jeme - jeme pintar besemah ye duduk di pemerintahan selame ini dimane? tuape gawinye selame ini?tuape hasilnye selame ini?Ame tecetus cita mbuat "provinsi besemah", itu artinye pemimpin ye njadi perwakilan besemah di pemerintahan dide becus ngurusi rakyatnye.

Suatu perjuangan dan cita membutuhkan harga, dan harga yang paling kecil adalah nasib rakyat kecil. Akankah mereka kite korbankan untuk ye mpai tepikir leh kite?(ame titu pantas menurut ukuran rakyat besemah, pasti hal itu la dari kite lom lahir, di perjuangkan oleh pemimpin kite ye la wafat).

Sekali lagi MAAF,


...
Ditulis oleh Rudy Dana, 03 March, 2009

au au, ame galak nian cube kite majukan kudai dusun laman masing-masing, mak ini aghi segale mcam pemekaran dang distop olh pemrintahan sby, ntahlah ame jeme kite lah jadi prisidin , ase e mpai nak jadi menteri bae lom ade, malah jeme keturunan chine atau keturunan ayib lah ade nek jadi menteri, ayoooo dukung jeme kite agar majuuuu gale..., ( ntuk ase semangat benagh he he).
salam san kami di Baturaje...( aslinye jeme "jagalan")

...
Ditulis oleh mila, 20 March, 2009

aslmkm
boleh begabung
hai tape kabar jeme besemah? mf komentarku kali ini anya nek annayeka luk mane riwayat jelas besemah terutame jaray, maklum aku asli jemu dusun sadanjaray anye dek tau jelas riwayat dusun hahahhaahahhhhhh.....
ame ka pacak alangka iluke silaturahmi luk ini ngobati rindu lak lame dek balik ke pagar alam

...
Ditulis oleh efri, 22 March, 2009

aas.......
tuape kbr gle2 knce di dson laman sne?
ni nak asli besemah tok tinggal di puncak tapa klahran meringang.
maini ame daerah laman kite jdi kabupaten sh oke2bae,tp ape daerah kite ngai warge kite siap?
sangknekn sglenye nak dimusywrahkan kudaikan?
lgian la alap ame daerah kite namenye kota pagaralam,dimak ame diubah kle jme dek knal ngi daerah kite pule gra2 ngubah name.
tp sh gle2nyekan nak ngikot praturan pemerintah,jd y lw siap nak jd kabupten sh y aq sh oke2.
hidop jme besemah.
mga2 adat besmah ndek la lme aku knal n la lme aq kinal mseh pcak aq knak wktu aq blek kle.
thaks for alllllllllllllllllll...........................

...
Ditulis oleh nurhadir angkuti, 09 April, 2009

balai arkeologi palembang sedang membuat peta digital sebaran situs arkeologi di wilayah Besemah (Kab Lahat, Kota Pagaralam, Kab. Lintang Empat Lawang, dan wilayah2 lainnya di Prov. Bengkulu). Mungkin dapat mempertegas wilayah budaya Besemah di Sumatra. Apabila ada yang memiliki atau sedang peta suku bangsa Besemah, dapatlah kiranya dioverlay dengan peta situs, agar dapat bercerita banyak ttg jejak peradaban Besemah, yang selama ini didominasi oleh legenda.
Terima kasih

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 04 May, 2009

mengenai wilayah besemah aku setuju dengan penjelasan di atas, tapi amen kami jeme gumay bukan jeme besemah, kami dide pernah ngaku kami jeme besemah dan itu sudah jelas.

...
Ditulis oleh yudi, 06 May, 2009

mila, kalu dengah ndak keruan sejarah jaray, cube hubungi aku kuday..

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 07 May, 2009

aku dide setuju adenye pembentukan propinsi besemeh karne itu akan merusak persatuan jeme lekipali selame ini, udem tuh kinak kudai sekeliling mang, propinsi dan kabupaten baru itu 90% gagal total, cuma sikok yang berhasil yaitu batam.Udem lah kamu jeme besemah, lemaklah duit untuk buat propinsi bari diguneka buat bentuk lapangan kerja atau buat memperluas kebun kopi dan memberi subsidi kepada petani yang ade di besemah ini.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 07 May, 2009

tolong kepada jeme besemah jangan ikut campur urusan jeme gumay, gumay berbeda dengan jeme besemah, kami jeme gumay adalah suku tersendiri.kami sejak dulu dide pernah tunduk same belande ap lagi same jeme besemah, jaman dulu jeme kami gumay berperang dengan jeme besemah itu, ingat itu ce

...
Ditulis oleh yudi, 07 May, 2009

Kepade Rudib Gumay, aku ndak betanye isan dimane asal-usul suku gumay tu???


















smilies/grin.gif smilies/smiley.gif smilies/smiley.gif smilies/smiley.gif smilies/grin.gif

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 08 May, 2009

gumay itu diidirakan oleh diwe gumay yang merupakan puyang gumay, jadi gumay itu bukan besemah, tolong jangan sembarangan buat artikel dan tulisan, karne jurai kebalian gumay(kepala suku gumay) membantah dengan keras bahwa gumay suu sendiri dan wilayah sendiri, anye kite cuman sebase saje kance,logikanye mak ini, jeme dayak,jeme papua pacak pule base indonesia,tapi dekbedia hubungan suku dan rumpun ngak indonesia, indonesia hanya wilaya, mak itu pule besemah, jangan suka menghubung hubungkan, amen kaba dide sertian juge payu datang ke gumay talang badah rumah kepala suku gumay, tanye lah suhang ole kaba, tolong hapus itu besemah nuduh sepulu wilayah itu,khususnye gumay,puyang kami dulu dibunuh oleh jeme besemah

...
Ditulis oleh yudi, 09 May, 2009

Kepada Rudy Gumay, Kalu Gumay berdasarkan silsilah memang bukan keturunan Atung bungsu pendiri Besemah, tapi secara administratif masa lalu wilayah gumay adalah bagian dari Besemah. Cuma aku juge nak betanye ade dide sumber kaba tentang perang Gumay melawan Besemah, taun beghape perange?

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 09 May, 2009

amen kaba nak keruan sumber perang gumay perang melawan besemah dapat kaba dapatka di jurai kebalian(kepala suku gumay) di gumay talang kikim dusun endikat, silahkan datang amen nak keruan kaba, betanye langsung ngak kepala suku gumay biar lebih jelas

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 09 May, 2009

STOP PROPINSI PASMA

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 09 May, 2009

LINTANG BUKAN BESEMAH, AMEN WILAYH BESEMAH MUNGKIN


...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 09 May, 2009

Amen gumay masuk wilayah kerajaan besemah mungkin saje, karne besemah itu dulu kan kerajaan, yang wilayhe sampe ke lampung

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 15 May, 2009

PROPINSI PASMA CUMA IDE GILA

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 16 May, 2009

Hentikan pembentukan provinsi besemah dan propinsi lainya di Indonesia karena terbukiti gagal total dan menjadi ladang korupsi, buka mata kawan, jangan mau hanya menang gengsi yang penting suku kita punya propinsi, banyak cara untuk maju, ngerti kamu jeme besemah?

...
Ditulis oleh Rudy Dana Jagalan, 16 May, 2009

sabar saje dengah sanak, jgn pule nak esmosi, laju mundur gale gwe kite....mak ini cube kite anengkah lagu "dirut" sikok ini, sembari nunton tarian melayu zapin smilies/cheesy.gif

...
Ditulis oleh yudi, 18 May, 2009

Juray Kebalian ke beghape ndik bada betanye tu, menarik pendapat kaba tentang Besemah dulu kerajaan.. Apekah bayangan kaba kerajaan Besemah seragi luk Kerajaan di Jawe,ade Majapahit, Singosari,Mataram dll?

...
Ditulis oleh yudi, 21 May, 2009

ide sape ndak mbuat Provinsi Besemah tu?

...
Ditulis oleh Rudy Dana Jagalan, 23 May, 2009

Oi dek keruan aku Yud....ng-guk nian bai.
nye jelas bukan ide san di aku, kalu ide ku,
luk mane carenye njadikah kite jeme Besemah
pck bersatu kite teguh becerai dek kah urung smilies/cool.gif

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 June, 2009

ame nak keruan ngak sejarah gumay cube kaba datang ke dusun lubuk sepang marga gumay lembak,kaba naik ke huma jurai kebalian(kepala suku gumay) aspin gumay.disane segale pertanyean kaba pacak dijawab.kemahi aku salah ngenjuk informasi tentang aku nyuruh kaba ke dusun endikat ilir gumay talang.Kaba datanglah sekarang ke dusun lubuk sepang ghuma bahu aspin gumay.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 June, 2009

besemah itu memang kerajaan luk majapahit itu ce

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 June, 2009

kaba pacak hubungi DR SARIA GUMAY DI 081366555522. Beliau adalah cucu dari raje intan jurai kebalian terakhir yang memimpin gumay di zaman dahulu.omongke saje kaba dapat hp isandi rudy gumay depok jeme marga gumay lembak dusun talang sawah

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 June, 2009

maaf ce, YANG DIPUCUK SALAH, Ini yang benagh DR(HC) SATRIA U.S.GUMAY,S.H Pengamat dan pemerhati adat dan seharah daerah lahat.beliau KAJATI MAKASAR

...
Ditulis oleh yudi, 04 June, 2009

mantap informasinye, terime kasih. dimane bada kaba Rud?

...
Ditulis oleh yudi, 04 June, 2009

kalu menurut aku, Besemah bukan seperti kerajaan Majapait, di besemah dikbedie raje, ye merintah adalah lembaga adat (juray tuwe) yaitu Lampik Mpat Merdike Duwe ye merintah dengan sangat demokratis. Dunie ngakuinye.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 07 June, 2009

ame nak keruan sejarah suku2 yang ade di lahat hubungi saje atau betanye saje same satria gumay,sh

...
Ditulis oleh Darm, 08 July, 2009

@Rudy Gumay : Aku nak betanye nga kaba, kire2 keruan dide kaba nga Puyang Syech Baharuddin Nurqodim, Penyebar ajaran agama Islam nga peletak dasar adat Semende di Semende, juge termasuk ndek ngenjuk asal name SeMeNde (Se=satu Me=inisial M=Muhammad, Nde=milik; artinye kesatuan masyarakat umat Muhammad)
Trus keruan dide kaba nga silsilah keturunan diwe gumay?


...
Ditulis oleh isrok, 11 July, 2009

nahh laju jadi tambah mantap & seru bae thread siko ini.. payoo teruska kakang2 kalu bae kami nek gi lebok pacak meluruska fakta sejarah e kele di masa depan!!

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 21 July, 2009

Untuk saudara Darm, aku keruan silsilah diwe gumay, gumay bukanlah marga tapi suku bangsa gumay, suku gumay adalah suku tertua dan mayoritas di kabupaten lahat ini dan juga suku tertua di asia tenggara, lebih tua dibanding suku bangsa jepang,sedangkan suku besemah adalah suku termude di lahat ini. suku bangsa gumay tersebar di seluruh sumbagsel dan indonesia.Ame jeme semende itu asale adalah dari keturunan gumay bukan keturunan besemah, karene besemah itu adalah suku pendatang di pulaua sumatra khususnye di kabupaten lahat yang telah berasimilasi dengan penduduk asli lahat yaitu suku bangsa gumay,dimane bahase besemah itu adalah bahase asli jeme gumay yang telah dipakai pule li jeme besemah tadi.Sekali lagi aku tegaskan bahwa gumay bukan besemah dan bukan pule wilaya besemah, tapi besemah adalah gumay, dan raje sigentar alam itu adalah putra asli gumay, termasuk walikota pagar alam yang sekarang ini bukan jeme besemah tapi jeme gumay lembak dusun lubuk sepang, tolong buat ading2 termasuk pendiri web ini kalu dide keruan nga kekrabatan jeme gumay dan suku2 yang ade di lahat ini jangan asak nulis.Amen kaba nak keruan semende itu sape ye ngenjuk namnenye silahkan kaba hubungi mang satria gumay di 081366555522

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 21 July, 2009

padang guci dan kedurang yang ada di bengkulu itu adalah cucunya orang gumay bukan besemah, perlu ading2 ketahui istana pagaruyung itu ye mendirikannye adalah jeme gumay, jeme minang minang dan jeme melayu itu itu asal puyange jeme gumay pule.raje sigentar alam adalah jeme gumay asli, bukan jeme besemah, jeme besemah jangan ngaku ngaku, kami punye silsilah aslie, kami jeme gumay adalah suku tertua dilahat ini dan juga suku mayoritas di lahat ini.||Sultan palembang yang bernama sigentar alam adalah jeme gumay pule, itu ade silsilah lengkap dan otentik.harap maklum

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 21 July, 2009

GUMAY BUKAN TERDIRI DARI 3 MARGA, MARGA ITU ADALAH BENTUKAN BELANDA.GUMAY ITU CUMA SATU, YAITU SUKU BANGSA GUMAY SAJE, DEKBEDIE ITU GUMAY TIGE JUGHU, ITU SALAH BESAK, KARENA JEME YE MENULIS GUMAY TIGE JUGHU TIDAK PAHAM KEKKRABATAN JEME GUMAY DAN LAHAT PADA UMUMNYE.HARAP MAKLUM

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 21 July, 2009

kepada pendiri web ini kami nyatakan gumay bukan bagian dari besemah, ame kaba nulis mak ini, itu retinye kaba dide keruan kekrabatan jeme gumay, gumay sandi jaman dulu berdiri sendiri, tidak pernah menjadi bagian wilayah besemah, itu salah besak ce.ame nak keruan benagh kaba, silahkan hubungi DR SATRIA US GUMAY 081366555522

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 21 July, 2009

Sekali lagi padang guci dan kedurang bukan besemah, tapi gumay

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 21 July, 2009

jeme semende,kedurang,padang guci adalah keturunan dari jeme gumay yang nenek puyangnye bername puyang diwe gumay atau puyang raje sigentar alam, kecuali kaur bengkulu bukanlah gumay.Banyka sekali jeme ye ngaku ahli sejarah sumsel tapi tidak memahami kekrabatan suku bangsa gumay ye ade selame ini.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 21 July, 2009

jeme besemah awak cuma suku pendatang ngaku2 sebagai suku asli lahat, suku besemah itu adalah suku paling mude di lahat ini.suku asli lahat dan suku terua di lahat itu adalah suku gumay, dan suku gumay adalah kakaknya suku semidang, karene puyang semidang ye namenye puyang selibar alam adalah adik kandung puyang gumay ye bername puyang sigentar alam, harap maklum.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 24 July, 2009

Besemah bukan suku asli pagar alam tapi suku pendatang dari jawa yang sudah ber asimilasi dengan penduduk asli lahat suku gumay

...
Ditulis oleh yudi, 26 July, 2009

Nanggapi pendapat dari saudara Rudy gumay; 1. suku-bangsa Gumay adalah suku bangsa yang tertua di Asia Tenggara adalah hal yang luar biasa, tapi hendaknya pendapat tersebut didukung oleh argumen yang kuat. Kalau itu benar berarti Gumay termasuk kelompok Suku-bangsa melayu tua. 2. Masalah suku-bangsa Gumay nggah Besemah, Gumay ape bagian Besemah ataw Besemah bagian Gumay, kalu nurut pengetahuan aku, Diwe Gumay (Seri Umayullah), Atung Bungsu dan Diwe Semidang same-same berangkat dari Jawa yang sebelumnya berasal dari Arab (sumber Arpah S. Tanjung Kurung). Awalnya Diwe gumay menetap di bukit Siguntang Palembang bersama Diwe Semidang, lalu Diwe Semidang menjelajah sembilan batangaghi dan akhirnya netap di Padanglanggar (Pelangkendiday). Sementare Atung Bungsu netap di muare batangaghi Besemah. (dalam tembe juga dikatakan tige diwe seghempak tughun, tunggal tujuan njadikah jagat). Dalam buku Perang Gumay melawan Belanda karangan Rustam effendi, ading juray kebali-an, mengatakan kehadiran Juray Kebali-an I gumay di Bukit Seguntang sekitar tahun 1341 M (abad ke-14). Sebelum kedatangan Atung Bungsu di Besemah ini memang sudah ade suku-suku pendatang, seperti suku Kam-kam, Nik, Nuk, Ducung, Aking, Rebakaw, sebakas, Rejang dan Berige. Waktu kedatangan Atung Bungsu daerah gunung Dempu di duduki suku Rejang. Sementare itu pada keturunan ke-11 Diwe Gumay bename Puyang Panjang, sebagai juray kebali-an nyusul netap di bagian iligh Besemah yaitu di Buntar (sebelumnyaini memangadiLubuksepang).

...
Ditulis oleh yudy, 26 July, 2009

Cukah sape nde pacak, dimane badah nggah sape keturunan suku Kam-kam, Nik, Nuk, ducung, Aking maini aghi???? Lukmane pule nggah kaitan Besemah nggah Sriwijaya???


...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 29 July, 2009

buku gumay perang melawan belanda itu adalah karangan oknum gumay, jadi isinya itu salah besar.diwe gumay atau ye berjuluk raje sigentar alam dan diwe semidang atau ye berjuluk puyang selibar alam adalah kakak berading, jadi gumay dan semidang itu adalah kakak berading kandung.diwe gumay tidak pernah berangkat dari jawa.kami suku bangsa gumay tidak pernah mengatakan besemah keturunana gumay atau sebaliknya, kalau gumay itu adalah suku tertua di lahat dan asia umumnya itu sudah berdasarkan dan memlauli penelitian yang valid oleh sarjana jepang dan sumbernya ada di perpustakaan belanda yang terkenal lengkap, kalau kaba yudi nak keruan benahgh kaba hubungi saje mang satria gumay di 081366555522, biar anda tidak bingung.GUMAY=MELAYU DAN MELAYU-GUMAY.BESEMAH BUKAN MELAYU.GUMAY TIDAK PUNYA HUBUNGAN APA2 DENGAN SRIWIJAYA TERMASUK DENGAN BESEMAH.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 29 July, 2009

yudi puyang panjang bukan jurai kebalian gumay dan puyang panjang tidak pernah menetap di ilir besemah,kaba dapat sumber dari mane.aku ini keturunan langsung dari raje sigentar alam, jadi aku jelas lebih keruan sape sape ye nulis tentang gumay itu benar atau salah.Jadi pendapat kaba itu bertentangan 180 derajat dengan pendapat kami jeme gumay, silahkan kaba hubungi mang satria pewaris raje sigentar alam, raje sugentar alam itu jeme gumay asli bukan besemah dan kami punye silsilah lengkapnye.jeme besemah dimane mane galak nian mencaplok budaye suku lain sebagai bagian besemah, padahal dasarnye dide kuat.KABA HUBUNGI SAJE MANG SATRI DI 0813665555522.KABA JANGAN ASAK NULIS, KAGEK PACAK KENO TUNTUT OLEH MANG SATRIA,S.H HAKIM BESAR INDONESIA

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 29 July, 2009

SEKALI LAGI GUMAY BUKAN SUKU MELAYU TUA, ITU KELIRU BESAR, GUMAY ADALAH MELAYU ASLI.GUMAY BUKAN MELAYU TUA ATAU MUDA, TAPI GUMAY MELAYU ASLI.GUMAY=MELAYU DAN MELAYU=GUMAY

...
Ditulis oleh yudy, 31 July, 2009

Aku lah ade beghusik ke ghumah Sartia gumay di Tangerang, anye selisih jalan.Tuape judul bukunye? Kite nulis adalah pendapat, dan ape ye kubuat juge ade sumber, sejarah masa lampau memang sulit untuk dibuktikan kebenarannya, tapi sejarah akan mendekatkan diri pada kebenaran. Jadi isan di mane melayu asli tu Rud?

...
Ditulis oleh Rudy Dana Jagalan, 31 July, 2009

lanjutttt Mannnggg ....; makin lama makin asyik.
ase kah balek jaman baghi; ketika puyang pahit lidah
beradu sakti nga puyang mate empat....
wal hasil same2 pindikar hibat "BALUI".
mhn maaf sedame keturunan Gumay....ijinkan juge kami
keturunan Besemah....mengakui bahwa nineng kami juge
berasal dari daerah Gumay.
sejarah akan menguatkan kite, jgn malah melemahkan kite.
akurrrr....sanak gale-gale ?

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 August, 2009

semua tulisan yang ada di website ini setiap detik di pantau same DR SATRIA US GUMAY,S.H HAKIM TINGGI INDONESIA,Sekaligus sebagai keturunana langsung dari puyang raje sigentar alam.Pesan mang satria, ame kamu jeme besemah nak maut ape saje silahkan, asak jangan batak name gumay, karene kami jeme gumay dide pernah sepuyang nga jeme besemah, nineng jeme besemah bukan lah jeme gumay, harap maklum buat ading sanak sandi besemah.Melayu asli itu sandi gumay, karenen gumay adalah akar melayu.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 August, 2009

sebagai info puyang panjanng bukanlah kurai kebalian yang ke 13 tapi jurai kebalian yang ke 13 adalah puyang remanjang sakti.harap maklum kance kance.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 August, 2009

pesan mang satria ame jeme besemah nak nulis sejarah silahkan, tapi tolong jangan batak batak name gumay,jangan mbatak jurai gumay ape lagi ngamibik jurai gumay

...
Ditulis oleh Anto Gumpas, 01 August, 2009

Ude ame mbak itu... kadicoret GUMAY tu... sebenare alasan web ini dibuat ndek nyatukah jemekite.... yg sebagian besak la encampur, ade bapange gumay, endunge besemah dan sebalike... jadi jeme kite gale... anye daripada nimbulkah hal2 lok disampaikah nga gha bedame Rudy Gumay ni...lemaklah di hapus bae GUMAY tu.

Kire2 pesan neneng sapelah kate2 Nak ilok mpong gi tunggal lambat dek urung kabecerai...

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 August, 2009

Ce dide ngape nak nulis gumay, anye kate mang satria tolong jagan ngambik jurai gumay cuma itu saje, jeme kite lahat itu seganti setungguan, belande lame nguasai lahat karene jeme kite lahat punye prinsip seganti setungguan

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 August, 2009

Aku mengundang saudara saudaraku sandi jurai besemah untuk bergabung dalam website www.gumayonline.com, />
payu kite kuatka ikatan silaturahmi diantara jeme kite, kite lupakan perbedaan ye ade selame ini, karenen kite dide ka balek ke zaman baghi lagi

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 01 August, 2009

Ame di tanah batak ade ye namenye dalihan na tolo yang artinya tiga tunggku bersatu padu dalamm pengertiannye tiga marga batak yaotu batak toba,batak karo dan batak mandailing dide pacak di adu domba.Mak itu pile jeme kite lahat khusunye besemah dan gumay dide zaman dahulu kale dek pacak di adu domba karene jeme kite punye prinsip SEGANTI SETUNGGUAN.

...
Ditulis oleh Peduli Besemah, 03 August, 2009

Nah empai tebace pembahasan ini.. seru juge Gumay dan Besemah..
Gumay merupakan salah satu Suku Tertue melayu bahkan suku tertue asia tenggara..empai tebace aku dan ini merupakan sejarah terbaru bagi Indonesia. Jadi penelitian sejarawan Dunia sandi jaman dikale serta kedatangan Pakar sejarah ketanah besemah bahwa Besemah merupan suku melayu tua. Serta penulisan Antropolog William Collins Ph.D, Dari University Of California, Los Angeles, Amerika Serikat dan juge pemaparan JSG Grambreg, seorang pegawai pemerintah Hindia Belanda yang ditulisnya tahun 1865 yg bukunye maini masih ade di perpustakaan belande. Serta buku Pemaparan Governor Thomas Stamford Raffles 1818 1824 tentang negeri Besemah kecol gale
au...
Jadi tulisan2 aksara kagangga ya umur e lah ratusan tahun maini masih tersimpan di museum nasional..serta megalit tanah besemah yang dikenal arkeolog seluruh dunia yg menyatakan Peradabab Besemah lah ade Ribuan tahun lalu salah.. cube Mr Rudi di pahami kudai sejarah... Semua masih ade bukti sampai maini.
Aku empai tebace pembahasan ini. Ame betul kate Mr rudi itu salah gale jadi perlu kite tanyekah nga sejarawan dunie tadi tentang pembahasan mereka tadi.. sbb yang dikaji mereka tu bukan cerite dari mulut ke mulut lolok Mr rudi nga kekancean di Gumay..ini mereka tulis bedasarkan fakta dan yang ade di tanah besemah pada waktu ini.. jadi bukan cerite tentang Dongeng Puyang Gumay..

...
Ditulis oleh Syaiful, 03 August, 2009

Asak nyebut saje gha rudy gumay ni... pokoke ndek lain kecol gale... awak sumber gi sutek tulah...

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 04 August, 2009

oi kance syaiful sumber aku bukan gi sutek, banyak sumber, anye sumber ye aku sebutka diatas berasal dari DR SATRIA GUMAY,SH, PENGAMAT KEBUDAYAAN DAN ADAT ISTIADAT DAERAH LAHAT KHUSUNYA GUMAY, SEKALIGUS BELIU ADALAH KETURUNAN LANGSUNG DARI JURAI KEBALIAN YANG KE 30 YAITU PUYANG RAJE INTAN.AME KABA NYEBUT AKU KECUL, BERARTI KABA NYEBUTKA PULE APE YANG DISEBUT MANG SATRIA GUMAY ITU KECUL, AME KABA NAK KERUAN SILAHKAN BERTANDA KE RUMAH MANG SATRIA DI TANGGERANG, INI NOMOT HP MANG SATRIA 081366555522

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 04 August, 2009

aku dide pernah nyebut ape ye aku kateka sebagai dongeng puyang gumay, aku sarankan kepada saudara syaiful untukl bertandang ke huma mang satria di tanggerang, ini nomor handphone mang satri 081366555522.

...
Ditulis oleh Syaiful, 04 August, 2009

Rudy Gumay.... silahkan kaba bependapat ttg gumay... tapi kami jeme besemah juge punye pendapat dewek ttg besemah... bukan lok kamu kicikkah tu... jadi ame kamu jeme gumay dindak dikicikkah, sebaike jangan ngicikah besemah suku pendatang, merampas base kamu dll... banyak pule ahli sejarah ndek la mbuat seminar dan penelitian2 ttg besemah...

...
Ditulis oleh Peduli Besemah, 04 August, 2009

Nah sumber besemah ni diteliti nga pakar dunie bukan seperti sejarah Gumay yang hanya di tuis nga tok Satria tadi.. jadi pemaparan Satria tu perlu di kaji Ulang..

...
Ditulis oleh Peduli Besemah, 05 August, 2009

Sampai dengan saat empai ade 2 karya tulis tentang Sejarah Gumai/Gumay sebagai sumber pengetahuan. Akan tetapi diantara kedua buku itu sangat memiliki perbedaan yang sangat mencolok.
Satu buku berjudul Gumai Perang Melawan Belanda karya Rustam Effendi dari Gumai Talang dan
Buku berjudul Tenggapan Terhadap Tulisan Berjudul Gumay Perang Melawan Belanda karya Satria U.S Gumay.SH dari Gumai Lembak, "Ini tulisan Satria" Buku-buku itu kaya akan kisah tetapi miskin bukti sejarah (dalam hal ini, bukti sejarah yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah) jadi ini ade 2 buku tentang Gumay yang mesti dikaji Ulang. Karena satu same laen bertentangan. Ini yg menulis jeme gumay sendiri di era maini.

Usul aku Mr. Satria pemaparan tolong di publikasih disini atau media laen ne agar pacak di bace dan dipahami jeme banyak. Mungkin juge Pemaparan Satria ini pacak kite ajukah ke Badan Sejarah Nasional untuk dikaji ulang kebenaran ne... Jadi dide perlu kite Nelpon2 Mr. Rudy maini zaman lah canggih jadi tulisan ne cukup di publikasikah di sini atau disalah satu website mangke jeme seluruh DUNIE ni pacak mbacenye.

Klu masalah Besemah Bulan Maret kemaghi lah diadekah Seminar Nasional Peradaban Besemah Sebagai Pendahulu Kerajaan Sriwijaya di pagaralam "ini seminar nasional bukan seminar antar Kecamatan" yang dihadiri nga Pakar2 sejarah Indonesia serta Raje-raje di nusantara.. Sri Sultan Hamenkubuwono waktu itu datang pule ke pagaralam die juge mengakui keturunan jeme Besemah karena garis Keturunan Syailendra dari Hyang Dwiva yang berasal sandi dataran tinggi tanah Besemah.

Jadi kite mesti banyak bace tentang SEJARAH kudai empai menyampaikah sesuatu jadi kesan ne bermutu juge.
dan untuk Rudy ni kalu posting disini cukup sekali saje dide nak ngicek sepotong due potong lah dikirim jadi kesan ne rami anye kosong. kalu nak posting sesuatu tulislah dengan teratur kite ni bukan SMSan lok budak SMP yang empai nyampaikah sepatah due patah kate lah dikirim.

Dan sekali agi dide perlu Telpon2an sampaikah pemaparan Sejarah e disini jadi jeme seluruh dunie keruan gale.
Sekian terime kasih ditunggu tanggapan selanjut e.. mangke Lurus sejarah ni dide simpang siur kanek kemajuan anak cucung kite nanti.


...
Ditulis oleh Syaiful, 05 August, 2009

Setuju benagh aku nga pendapat Peduli Besemah...
Tulisan Pak Hakim BESAR Indonesia atau Hakim Tinggi (kate Rudy Gumay) perlu mendapat kajian ilmiah, jangan asak nuduh jeme besemah la merampas base gumay... ini jelas2 ditulis di gumayonline... Dan pasti seluruh jeme besemah sanksi atas pernyataan pak satria tu...



...
Ditulis oleh Gani Serunting Sakti, 05 August, 2009

Asenye pendapat Rudy Gumay ini terlalu gegabah, ini pacak memecahbelah hubungan baik antara gumay nga Besemah selame ini (beghebut tue). Kenyataan ndek mak ini aghi Besemah jauh lebih besak dan lebih maju dibanding Gumay. Termasuk masalah sejarah. Awal tahun ini la diadekah seminar nasional ttg sejarah besemah, ndek hadir pakar-pakar sejarah, dan para keturunan2 raja-raja. Malah yg lebih hebat agi Sulatan Hamengkubowono ngateka asal usul nenek moyange justru isan di Besemah. Besemah dinilai sebagai pendahulu kerajaan sriwijaya, jauh sebelum adenye kerajaan melayu. Entah isan dimane pendapat Sdr. Rudy Gumay nga Satria ndek ngatekah bahwa Jeme besemah adalah pendatang, merampas base gumay. Tolong kaji agi pendapat itu.

...
Ditulis oleh Gani Serunting Sakti, 05 August, 2009

Kepada Rudy Gumay: Kire kire mak ini aghi Kepala suku gumay adalah generasi kebeghape isan di Diwe Gumay

...
Ditulis oleh Peduli Besemah, 06 August, 2009

Nyelah nian kate Serunting Sakti ni. Kepala suku Gumay tu generasi keberape dan isandi tahun berape base lah peradaban Gumay tu. Klu masalah peradaban besemah lah ade isandi Ribuan tahun lalu maini aghi peninggalan sejarah Besemah tu masih ade di Pagaralam. Ini bukti nyate pacak didatangi dan dikinak langsung dengan mate diwek di Dataran tinggi Tanah Besemah. Dengan banyaknye peninggalan sejarah isandi ujong Pagaralam sampai ke jungot-jungot duson baik itu ghumah Batu, Batu Megalith, manik2, Batu Bertulis, Pesake2 baghi maupun aksara-aksara kaganga yang umur e ribuan tahun.

Dan Peradaban Masyarakat Besemah lah ade ribuan tahun lalu itulah ngape masyarakat besemah tu mempunyai ikatan keluarge satu sama lain isandi tanjung Sakti sampai ke jungot-jungot impit Bukit, bantunan, pelajaran, isandi muara payang, jarai sampai ke rimbe candi, Jokoh, Pelang kenidai, meringang maupun duson-duson masuk kedalam semua merupakan rumpon sutek Besemah Libagh. Belom agi wilayah yang diluar Kotamadya Pagaralam maupun provinsi luar sumsel.

Karena suatu peradaban yang berlangsung lame dan demokratis tulah masyarakat pagaralam membaur menjadi satu. Beberape duson maini di Pagaralam mempunyai jungku-jungku atau tetue duson dalam satu wadah jeme Besemah. Setiap duson mempunyai garis keturunan masing-masing dalam suatu jungku dan disetiap duson yang besak pacak ade 4 sampai 5 jungku sbb ame nak dikumpul menjadi satu mungkin untuk maini aghi dide efesian agi. Hal ini diadekah mungkin karena Peradaban di Tanah Besemah yang telah berlangsung lame ribuan tahun lalu serta perkembangan masyarakat yang pesat jadi untuk menambah keeratan antar keluarge dibuat system model ini.

...
Ditulis oleh Rudy Dana Jagalan, 06 August, 2009

Selamat datang di kota Pagarlam.....BESEMAH.
( Tanah kelahiran-koe ).
Base kite ni seragih bae...hanya anak keturunan puyang.
Permasalahan kebenaran sejarah dan peradaban akan dibuktikan juge
oleh sejarah dan peradaban itu sendiri, sekarang kite bagian
dari sejarah dan peradadan itu. Diskusi ini hanyalah sebagian kecil
dari sejarah.
Termasuk juge, kenape ade istilah LEKIPALI di Kab LAHAT
( Lematang Kikim Pasemah Lintang ).
Kalu jeme Pagaralam & sekitarnye asli jeme Besemah .....
ame Kance rudy gumay ketika aku ngumong bahwa daerah Gumay
adalah asal ninek puyang kami dide setuju .... berendaklah,
dide kah ngape , niat aku cuman mempererat tali silaturahmi.
Aku cuma pemerhati dan senang sejarah ....itu bae.
Cuman amen galak se-ilok-an , tanpa klaim-klaim dan vonis;
itulah kekendak-ku.
lebih kurang e mhn maaf....
thengkyu bunju smilies/smiley.gif

...
Ditulis oleh Gani Serunting Sakti, 07 August, 2009

Setuju nga pendapat Peduli Besemah & Rudy Dana Jagalan, Hasil kajian sejarah (bukan cuman cerite jeme sughang) Besemah tu pendahulu kerajaan sriwijaya, umur megalitik di Besemah lebih tue dibanding pyramid Mesir, itu Nenek Moyang kami ndek mbuat. Kami jeme Besemah bukan Pendatang ndek la merampas daerah bahkan merampas bahase gumay (lok dikateka nga satria gumay di gumayonline). Kalu sejarah Besemah bukan asak pendapat saje, tapi berbagai penelitian, seminar nasional, pendapat pakar2 sejarah yg memang ahli sejarah), ade bebeghape arsip ttg Besemah di Mesium Nasional Jakarta.

...
Ditulis oleh Gani Serunting Sakti, 07 August, 2009

Gumay=Melayu... silahkan berpendapat seperti itu. Kalu Besemah jauh sebelum adenye kerajaan melayu... die la ade. Bahkan pendahulu Kerajaan Sriwijaya, retinye, asal-usul pendiri kerajaan Sriwijaya tu asale isan di Besemah.

...
Ditulis oleh Peduli Besemah, 07 August, 2009

Lanjutan tulisan Peduli Besemah dipucok:

Memang sangat ironis dalam perkembangan denie yang pesat ini, jeme mude Besemah maini aghi dide peduli nga sejarah perkembangan Tanah Besemah dari zaman ke zaman. Hanya Pakar-pakar Sejarah dunia yang meneliti sejarah Besemah Baik itu isandi Belande, Inggris, Amerika, Australia maupun Sejarawan indownesia seperti Antropolog William Collins Ph.D, Dari University Of California, Los Angeles, Amerika Serikat dan juge pemaparan JSG Grambreg, seorang pegawai pemerintah Hindia Belanda yang ditulisnya tahun 1865 yg bukunye maini masih ade di perpustakaan belande, juge pemaparan Thomas Stamford Rafless yang pahlawan perang Inggris melawan Belanda di Jawa (1811) tentang negeri Besemah.

Johan Hanafiah budayawan Sumatra Selatan, dalam sekapur sirih buku Sumatra Selatan Melawan Penjajah Abad 19, menyebutkan bahwa perlawanan jeme Besemah dan sekitarnya adalah perlawanan terpanjang dalam sejarah perjuangan di Sumatera Selatan abad 19, berlangsung hampir 50 tahun lamanya, Peter Bellwood seorang arkeolog dari Australian National University (ANU), Dataran Tinggi Besemah merupakan salah satu pusat temuan bangunan-bangunan prasejarah yang penting di Indonesia.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 07 August, 2009

ye ngateka kerajaan sriwijaya dimulai sandi besemah terlulu berani, dalam seminar kerajaan sriwijaya di jakarta, SRIWIJAYA ITU BERMULA DI MINANGA(KOMERING ULU) BERJAYA DI PALEMBANG DAN BERAKHIR DI JAMBI.TERIMAKASIH.

PENDAPAT SAUDARA2KU DAI BESEMAH TERSEBUT SUDAH AKU SAMPAIKAN SAMA SAUDARAKU DARI KOMERING, SAUDARAKU DARI KOMERING MEMPROTES KERAS KLAIM DARI BESEMAH.KAMI DARI GUMAY MENDUKUNG KLAIM DARI KOMERING DAN KALAU KERAJAAN PALEMBANG DARUSSALAM RAJANYA ADALAH SIGENTAR ALAM SANDI GUMAY.HARAP MAKLUM

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 07 August, 2009

Aku juge mempersilahkan klaim apun dari berbagai suku di sumsel ini, biarlah pakar sejarah yang akan menentukan, mane yang hasil rekayasa dan mane yang benar benar asli.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 07 August, 2009

kalau perlawanan terpanjang,aku setuju memang dilakukan rakyat besemah,tapi itu tidak terlepas dari perlawanan suku suku lain di sumsel yang dimulai dari palembang,prabumulih dan gumay yang berusaha supaya belanda tidak masuk ke besemah,jadi perjuangan rakyat besemah tidak berdiri sendiri.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 07 August, 2009

cube saudaraku besemah buka
www.google.co.id dan ketiakan kate kunci minanga awal sriwijaya.AKU CUMA SETUJU BESEMAH PERLAWANAN TERLAMA DI SUMSEL, ITUPUN TIDAK BISA BERDIRI SENDIRI.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 07 August, 2009

dalam website www.malayuonline.com, disebutkan pula dengan jelas, ahli sejarah sepakat kalau sriwijaya berawal dari minanga,berjaya di palembang,berkahir di jambi

...
Ditulis oleh Gani Serunting Sakti, 07 August, 2009

Maaf ce... Kalu Sigentar alam isan di Gumay atau Isan dimane kina pegi... itu khan Kerajaan atau Kesultanan Palembang... kire2 ratusan tahun isan di Sriwijaya. Kami dide masalahkah Sigentar Alam...
Asal muasal ndek nyingung SARA ni... gha bedame Rudy Gumay ni... tibe2 meletup mojokah jeme besemah. Apeagi tulisan di gumayonline, ndek ngatekah jeme besemah merampas daerah dan base gumay, pikir agi titu.
Kalu masalah Besemah sbg pendahulu Kerajaan Sriwijaya, pendahulu retinye belum tentu berasal. Pacak bae lebih dulu (Besemah la ade sebelum Sriwijaya) kire2 lok itu. Walaupun ade pakar ndek ngicikah ade Raje Sriwijaya begelar Jemeu Gunung (masih butuh penelitian agi).


...
Ditulis oleh Gani Serunting Sakti, 07 August, 2009

Tidak terdapat catatan lebih lanjut mengenai Sriwijaya dalam sejarah Indonesia; masa lalunya yang terlupakan dibentuk kembali oleh sarjana asing. Tidak ada orang Indonesia modern yang mendengar mengenai Sriwijaya sampai tahun 1920-an, ketika sarjana Perancis George Coedès mempublikasikan penemuannya dalam koran berbahasa Belanda dan Indonesia.Coedès menyatakan bahwa referensi Tiongkok terhadap "Sanfoqi", sebelumnya dibaca "Sribhoja", dan prasasti dalam Melayu Kuno merujuk pada kekaisaran yang sama.

Sriwijaya menjadi simbol kebesaran Sumatra awal, dan kerajaan besar yang dapat mengimbangi Majapahit di timur. Pada abad ke-20, kedua kerajaan tersebut menjadi referensi oleh kaum nasionalis untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan satu kesatuan negara sebelelum kolonialisme Belanda.

Sriwijaya disebut dengan berbagai macam nama. Orang Tionghoa menyebutnya Sanfotsi atau San Fo Qi. Dalam bahasa Sansekerta dan Pali, kerajaan Sriwijaya disebut Yavadesh dan Javadeh. Bangsa Arab menyebutnya Zabag dan Khmer menyebutnya Melayu. Banyaknya nama merupakan alasan lain mengapa Sriwijaya sangat sulit ditemukan.

Berikut ini adalah beberapa sumber sejarah yang diketahui berkaitan dengan Sriwijaya:

Berbahasa Sanskerta atau Tamil

- Prasasti Ligor di Thailand
- Prasasti Kanton di Kanton
- Prasasti Siwagraha
- Prasasti Nalanda di India
- Piagam Leiden di India
- Prasasti Tanjor
- Piagam Grahi
- Prasasti Padang Roco
- Prasasti Srilangka

Sumber berita Tiongkok

- Kronik dari Dinasti Tang
- Kronik Dinasti Sung
- Kronik Dinasti Ming
- Kronik Perjalanan I Tsing
- Kronik Chu-fan-chi oleh Chau Ju-kua
- Kronik Tao Chih Lio oleh Wang Ta Yan
- Kronik Ling-wai Tai-ta oleh Chou Ku Fei
- Kronik Ying-yai Sheng-lan oleh Ma Huan

Prasasti berbahasa Melayu Kuno

- Prasasti Kedukan Bukit tanggal 16 Juni 682 Masehi di Palembang
- Prasasti Talang Tuo tanggal 23 Maret 684 Masehi di Palembang
- Prasasti Telaga Batu abad ke-7 Masehi di Palembang
- Prasasti Palas Pasemah abad ke-7 Masehi di Lampung Selatan
- Prasasti Karang Brahi abad ke-7 Masehi di Jambi
- Prasasti Kota Kapur tanggal 28 Februari 686 Masehi di P. Bangka
- Prasasti Sojomerto abad ke-7 Masehi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah


...
Ditulis oleh Gani Serunting Sakti, 07 August, 2009

Ade Prasasti Palas Pasemah sebagai bukti kaitan antara Pasemah nga Sriwijaya
Dapat diartikah Wilayah Besemah dulu sampai ke Lampung. Cube tanye nga jeme tue-tue di Desa Palas atau ketapang di Lampung Selatan, tanye asal nenek moyang rombongan itu, dia njawab nenek moyang kami isan di Besemah. La beghape kali kami kesitu. Basenye same nga base kite, bebeghape ughang jeme tue ndek kutanyei, asal die isan dimane die njawab isan di besemah, kutanye agi la udim kamu ke besemah, die ngicik belum kelah, anye kami ni isan di besemah.

...
Ditulis oleh Peduli Besemah, 07 August, 2009

Jadi memang benar alangkah gegabah e kalu nak mengklaim jeme Besemah adalah pendatang, merampas Base Gumay. Sebab masyarakat Besemah adelah suatu Peradaban Masyarakat yang luas. Cerite Puyang Gumay adalah salah satu bagian cerite duson-duson di Tanah Besemah. Mungkin Rudy atau Satria Boleh ngibal ke Pagaralam sesekali memandang lok mane keindahan Dataran Tinggi Tanah Besemah. Tatap isandi Gunung Dempo/Gn Dempu dengan memandangi Alam Pagaralam. Sebab dengan memandang Lembah Besemah yang membentang akan terase bahwa kehidupan di Tanah Besemah ni lah Berlangsung lame ribuan tahun lalu dengan Alam yang sejuk serta tanah yang SUBUR dan membentang dikelilingi Bukit Barisan. Letak Geografis serta Tekstur tanah yang baik akan memberikan kelangsung hidup manusia pada zaman purba dahulu sampai maini aghi dan bukan dengan tinggal di daerah yang panas dan serta dataran tinggi yang gersang pilihan jeme jaman dahulu untuk tinggal dan menetap kecuali mereka diasingkan atau ingin mencari tempat bermukin baru dari komunitas suatu peradaban manusia yang telah ada.

...
Ditulis oleh Peduli Besemah, 07 August, 2009

Van Rees tahun 1870 melukiskan tentang negeri Besemah "sampai dengan tahun 1866 ada rakyat yang mendiami perbukitan yang sulit didatangi disebelah tenggara Bukit Barisan yang tidak pernah menundukkan kepalanya kepada tetangga walaupun sukunya lebih besar". Jadi begitu banyak sejarawan maupun pakar-pakar laen ne yang meneliti tentang peradaban dan kehidupan Masyarakat Besemah.

Jadi njelah nian kate Serunting Sakti ni "Tidak terdapat catatan lebih lanjut mengenai Sriwijaya dalam sejarah Indonesia; masa lalunya yang terlupakan dibentuk kembali oleh sarjana asing. Tidak ada orang Indonesia modern yang mendengar mengenai Sriwijaya sampai tahun 1920-an" Jeme asing lebih banyak mempelajari berdasarkan data dilapangan, baik itu prasasti, letak tanah, geografis, tatanan kehidupan masyarakat setempat serta hal menunjang laenye, bukan isandi cerite-cerite sebab jeme asing kesulitan untuk komunikasi dengan masyarakat setempat pada masa itu. Jadi menurutku Rudy ame empai nganeng cerite dari satu orang perorangan jangan kudai asal ngicek sebab semua jeme juge pacak ame becerite.

Adat bersendikan sara, sara bersendikah kitabullah, inilah pesake ndek nunggu Jagad Besemah aluan dewe kayangan tinggi ganti nga tungguan.
"Dek tau ngiluk jangan merusak jadilah"

PATIAN:
- Ndek ugha ndek ugha ndek dighi ndek dighi
- Ndepat balek serame beghageh
- Utang mbayar ngutangi tanggapi
- Janji nunggu kate betaruh

...
Ditulis oleh Syamsi, 08 August, 2009

Dalam prasasti Kedukan Bukit (angka tahun 683 M), ditafsirkan adalah bahwa Dapunta Hyang “pulang dari menyerang Minanga Tamwan dengan suka cita”. Bukan berasal dari Minanga, Alasannya, catatan I Tsing dari China menyatakan kerajaan Sriwijaya sudah ada pada tahun yang tertera di prasasti. Artinya, prasasti ini menceitakan kemenangan perang Sriwijaya menyerang sebuah kerajaan Minanga Tamwan. Sejarawan Slamet Mulyana mengatakan bahwa Minanga Tamwan ini adalah ibukota kerajaan Melayu kuno. SILAHKAN ARTIKAH DEWEK.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 08 August, 2009

Okwe lur, teserah nak dijabarka seluas apepun, kele masyarakat dusun2 itu suhang ye ka menolak dikateka jeme besemah, sebagai contoh pagar gunung,padang guci,kedurang, mereka mengakui sebagai jurai gumay.ame nak dipandang sandi versi jeme besemah pendapat mang satria itu memang kecul benagh,aku setuju, anye ame dipandang dari sundung pandang jeme jeme gumay dide ka kecul, pas tulah.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 08 August, 2009

maaf buku gumay dide di jual untuk dunie luar, itu khusus buat intern jeme gumay saje.Khusus buku gumay perang melawan belande, itu adelah buatan oknum oknum gumay.buku gumay itu lebih dari 2 buku, anye ye ditampilka mak ini gi sutek tulah, dengan tujuan supaye dide dimanfaatkan li oknum oknum ye dide bertanggung jawab ye bakal merusak name gumay.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 08 August, 2009

untuk kance kance sandi besemah kami dide pernah memojokkan jeme besemah, ape dasare kance2 besemah ngateka mak itu, penapat kami di jamin oleh UUD 1945, BAHWA SETIAP WARGA NEGARA BERHAK MENGELUARKAN PENDAPAT.Tolong jangan ngateka ini SARA,itu SARA,dikit lah ngateka SARA,Dekbedie itu SARA,OMONG KOSONG,Itu cuma teror ye ditujuka buat kami jeme gumay.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 08 August, 2009

aku menolak pendapat jeme besemah ye ngateka aku asak becerite, ame dipandang dari versi besemah pendapat aku dan jurai gumay lainnye pasti kecul di mate jurai besemah,anye ame dipandang sandi sudut pandang jeme gumay dide ka kecul, pas tulah kance kance ku jurai besemah.Aku dan jurai gumay lainnye berhak mengeluarkan pendapat, itu dijamin li undang undang, ame ade jeme ye marah, ape lagi melarang pendaptku, patut ditanye kudai die itu nasionalis ape komunisme.

...
Ditulis oleh Rudy Gumay, 08 August, 2009

BUKU GUMAY YANG ASLI ADO 30 SESUAI DENGAN JUMALH JUS ALQURAN, TAPI YANG DI TAMPILKAN CUMA SUTEK TULAH, YANG 29 TIDAK AKAN KAMI TAMPILAKAN SAMPAI HARI KIAMATPUN BUAT DUNIA LUAR KARENA KAMI TIDAK MAU ADA OKNUM OKNUM YANG AKAN MEMANFAATKAN BUKU BUKU ITU.BUKU GUMAY HANYA UNTUK INTERN WONG GUMAY.AKU PUNYA 3 BUKU GUMAY YANG SUDAH BERUSIA 700 TAHUN, TAPI TIDAK AKAN AKU PERLIHATKAN KECUALI KEPADA JURAI GUMAY SAJA.

...
Ditulis oleh M Firmansyah , 08 August, 2009

MASALAH BUKU ITU URUSAN KAU RUDY NAK DIBAKAR APO NAK DISIMPEN BUKU2 KAU. TAPI AKU BACO DARI AWAL KAU NI WONG IDAK KONSISTEN DENGAN PENDAPAT. ZAMAN MAINI BEBAS BERPENDAPAT TAPI DILANDASI ALASAN YANG KUAT, DATA YANG AKURAT DAN MEMANG TULISAN AWAL KAU DI WEBSITE INI BERBAU SARA MEMOJOKAN WONG BESEMAH. PADAHAL SAMO GUMAY AKU BARU TAU MAINILAH. DIMANO NIAN GUMAY TU KALO KAWASAN BESEMAH TU YANG AKU TAU MEMANG LUAS.

...
Ditulis oleh Peduli Besemah, 08 August, 2009

Ame maitu isandi PEMBAHASAN ini alangkah baiknye kalu kite lebih menguatkan ikatan silaturahmi diantara sesame jemekite yang satu bahase. Mari kite lupakan perbedaan yang ade selame ini. Zaman baghi adalah bagian cerite hidup tuk kite lebih baik di masa akan datang. Semoga ade ahli-ahli sejarah yang akan meluruskan isandi semua ini SUATU PERADABAN YANG PERNAH JAYA.

Dan, mari kite menyimak Pesan Puyang dikale:

Adat bersendikan sara, sara bersendikah kitabullah, inilah pesake ndek nunggu Jagad Besemah aluan diwe kayangan tinggi ganti nga tungguan

Tentukah
- Tangis mati tangis idup
- Dek tau urung nga kene urung
- Keganti nga ganti
- Ukur setempap nga sekilan

Patian
- Ndek ugha ndek ugha ndek dighi ndek dighi
- Ndepat balek serame beghageh
- Utang mbayar piutang tanggapi
- Janji nunggu kate betaruh

Tegakkah 10 Pantangan
- Jangan ndak lemak dek bemance
- Jangan ngeghuh ulu mandian
- Jangan manahkah batu keluagh
- Jangan nundekah keghe naik akagh
- Jangan nginak bemate buluh, jangan ndengagh nelinge bake
- Jangan meghaup enggan siku, ati tangan dek beghisi
- Jangan nutuh di ghanting peninggheghan
- Jangan membuang bayang meghampas jungut
- Kebile injek jangan ige kebile gheging ijekah diket
- Dek tau ngiluk jangan merusak jadilah

Ame ade tambahan isandi dek sanak Rudy Gumay petata petiti baghi isandi Gumay boleh di bagi disini, mangke jeme kite nek bace ini tambah erat saje silahturahmi.

...
Ditulis oleh Rudy Dana Jagalan, 11 August, 2009

Besemah sekali nuduh .....
I love u full.............
I love too Pagaralam city smilies/smiley.gif

...
Ditulis oleh dopli, 12 August, 2009

ame jiku inilah saate kite tu tujukkah jati diri kite sebenare...bahwe jeme besemah banyak cerite lame,sejarah lame ye harus di kembangka,di lestarikan jangan gi belage tulah nek di kenal..maju terus besemah..love u so much

...
Ditulis oleh yudy, 12 August, 2009

Ay cocok dop, memang isan didulu jeme besemah tekenal sebagai suku pemberani,melawan dan hebat-hebat. mainilah kite nak nunjukkah sikap melawan melalui kebesaran sejarah dan jiwa kepemimpinan besemah......

...
Ditulis oleh jeme kikim, 16 August, 2009

makmane nge kami jeme kikim, masuk mane kerne kalu ditanye jeme mane selalu dijawab sandi kikim atau lahat atau palembang jarang jawab jeme besemah apelagi gumay

...
Ditulis oleh Rudy Dana Jagalan, 18 August, 2009

menurut aku; jeme kikim punye cerita diwek; walaupun terkait erat nga jeme besemah.....; rumus sementare LEKIPALI....Lematang Kikim Pasemah Lintang adalah jurai Seganti Setungguan...( adalah sumbu jurai di eks area Kab Lahat ). Seragih nga jeme kisam , nye base nye dikit dek beda nga jeme besemah....; lah 2 kali aku berayak ke muarduekisam ketika ditanye asal mereka , maka dgn tegas mereka menjawab bahwa puyang mereka dikale berasal san di Pagaralam - Besemah, jadi ame jeme Besemah berghusik ke Kisam seragih nga balek dusun pule, mak itu bae TITIK smilies/smiley.gif

...
Ditulis oleh adigumay, 19 August, 2009

Lame dide nyengal di site ini,mpai dapat info dari kance di seberang (terime kasih), ade jeme "PAKAR" SEJARAH Gumai bekunjung ke site ini..
sengaja di posting disini, agar semua pengunjung bisa membaca apa yang saya tulis untuk sesame jeme Gumai (sehingga dikemudian hari tidak ada trik "plintir" sana sini)
Khusus kepada Rudi Gumay : cukah kakak buat satu file, semua yang sudah kakak tulis di komentar di situs besemah ini.Kakak buatkan satu data lengkap yang bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuan, sehingga bisa menambah perbendaharaan data digital yang dapat di download oleh siapapun yang berminat dengan file yang kakak buat. Situs yang kakak sarankan, gumayonline, tidak fair, karena postingan yang berbeda dengan pendapat pengelolah sering hilang dan tidak bisa dibaca lagi.
Kakak punya bukti, punya data, punya dokumentasi - ngape dide di kirimkan ke perpustakaan digital nasional bae, dimana file yang kakak kirimkan tersebut nantinya juga bisa di baca oleh siapapun.30 buku itu banyak sekali kakak, apalagi jika itu mengandung berbagai bukti sejarah dan berdasarkan penelitian ilmiah dan bisa menjadi sumber referensi kami (Generasi Muda Gumay). Saya, sesama keturunan Gumai dengan Anda juga ingin membaca buku - buku tersebut.
Jika sudah menjadi file digital, bisa kakak Rudi kirimkan ke adigumai01AtGmailDotCom.
Silahkan kakak Rudi Rellpy postingan ini dengan kepala dingin atau kirimkan ke alamat email diatas jika kakak merasa ada hal - hal yang tidak layak diketahui oleh pengunjung ataupun kepada Satria Gumay [yang selalu monitoring postingan di situs ini]
Untuk Admin dan pengunjung situs : terima kasih atas kesempatannya dan mohon maaf jika ada salah kata dari saya.

...
Ditulis oleh adigumay, 19 August, 2009

RALAT :
- file tentang SEJARAH GUMAY, apapun isinya (versinya) tetap akan di tampilkan di GumaiOnline.Com, terimakasih. Ini JANJI pengelolah.
- email adigumay01AtGmailDotCom smilies/wink.gif smilies/wink.gif

...
Ditulis oleh Asnawi, 20 August, 2009

sependapat nga Adi Gumay, base kite disini belajagh tukar pikiran. Kalu ade refferensi ndek paling kuat, itu pacak jadi bahan kite nek kenali sejarah. Khususe sejarah Jeme Kite... ame usuran keturunan, asenye jeme kite ni la beligat, disangkut-sangkutkah masih keturunan puyang ini, puyang itu. Apa agi disangkutkah nga Adam Hawa, berarti sikok nining.
Balek ke tofik... kalu memang referensi Rudy Gumay pacak di pertanggung jawabkah, ngape dide dibuat secara ilmiah, mangke jeme pacak gale.
Jangan asak meletup letup lok paling gerot sendewek...

...
Ditulis oleh Asnawi, 20 August, 2009

Rudy Gumay punye buku umure la 700 tahun... base apelah kire-kire... kertase isan di tuapelah kire2... hebat-hebat, Anye sayang sampai kiamat kadibajikanye
Ujung2 nge gi Rudy Gumay tulah ndek keruan tape isinye, sape mbuate, lok mane ceritenye...
Kalu Besemah, bukunye ade di Mesium, benda2 sejarahe, selain di Mesium masih ade mak ini di Pagaralam. Penelitian2 terus digawekah...
HIDUP BESEMAH, HIDUP JEME KITE...

...
Ditulis oleh Rudy Dana Jagalan, 21 August, 2009

lanjut Mang .....
name nye diskusi; memang adu argumen.
nyelah nian, bahwa dek boleh kite asak meletup bae.
kate2 boleh panas ( anye dikit bae ); hati tetap dingin.
base kite base besemah....smilies/smiley.gif)
Marhaban Yaa Ramadhan...
Selamat Berpuasa........
Maafkan atas khilaf dan salah.

From:
Rudy Dana Jagalan simpang Duspa alias simpang yaspa jaya .


...
Ditulis oleh jemekite, 22 August, 2009

Yth. Yudy
Yud, mane cerite sejarah kite? Payu dibuat artikele di weblog jeme kite ni!
Ditunggu benagh wai.

...
Ditulis oleh Kangfekri, 28 August, 2009

Perlu kajian ye mendalam kandik nelusuri sejarah badah kite termasuk ade KEARIFARAN dan galak BERTUKAR PENDAPAT (MUDZAKAROH)...

...
Ditulis oleh yudy, 28 August, 2009

Insyaallah kele kite muat, mbak ini aku dang ngumpulkah anday-anday jeme kite kele kite masukkah pule. kalu ade adik-sanak nyimpan bahan pacak dikirim ngga aku di Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

...
Ditulis oleh Kangfekri, 29 August, 2009

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Kami nak klarifikasi pernyataan bahwe SEMENDE BUKAN BESEMAH.. itu KEKELIRUAN YANG BESAR dan TERAMAT FATAL ! Tapi kami maklum mungkin selame ini gi nganing bae atau dapat cerite san di mane??? Pegilah mangke keruan kah kurumuskah point penting hubungan BESEMAH nga SEMENDE :
Pertame, SEMENDE itu merupakan sub rumpun KEBUDAYAAN BESEMAH !
Kedua, JEME SEMENDE itu adalah keturunan JEME BESEMAH
SEMENDE ditegakkah kandik MEMPERLUAS eksistensi Tanah BESEMAH. Mangke nye selalu dilekatkah kedua name ini dalam kesatuan budaya “BESEMAH LIBAGH-SEMENDE PANJANG”
Bahkan menjadi sistem pemerintahan (bukan Kerajaan !) BESEMAH LIBAGH_SEMENDE PANJANG yang berlangsung pada sekitar tahun 1485 – 1850 M. Bahkan pada masa perjuangan kemerdekaan sampai awal tahun 1980 menjadi Lembaga Adat LAMPIK EMPAT MERDIKE DUE..(Terakhir di masa Nenenda Toean Sayyid H.Oemar/Kiaji Oemar)
Dasar KLARIFIKASI ini merujuk pada tinjauan analisis kami baik secara histories, geografis, antropologi (termasuk mitos, legenda, nilai-nilai, artefak/tinggalan budaya, seni dan bahasa), sosiologis, psikologis, numerology, spiritual (KAJIAN TAUHID), METAFISIKA dan bahkan Perjalanan SPIRITUAL !! Jadi PENELUSURAN SEJARAH TIDAK CUKUP HANYA DARI SATU SUMBER SAJA. BAHKAN KITE HARUS TERLIBAT LANGSUNG DI DALAMNYE, (dalam pengertian menelusuri jejak, berziarah, berguru,dsb)..

Salam kenal kandik Yudi, Dana jagalan, Peduli Besemah, Rudy Dana Jagalan, M Firmansyah, Gani Serunting Sakti, dan komentator setia web ini..PAILAH KITE BESATU KANDIK MAJUKAH TANAH BESEMAH bukan SALING POJOKKAH!!!

Mengingat ASAL MUASAL KEJADIAN termasuk ASAL KETURUNAN (NASAB) adalah SUNNAH ROSUL. Anye kite ndak banyak badah betanye..jadi ade perbandingan !!lalu ade dasar hukum nga kajian ilmiah..(Bertanyalah kamu kepada orang yang mengetahui, jika kamu tidak mengetahuinya!

Wasalam,
< Panglima LASKAR ADAT SEMENDE, jurai kebalik’an dusun Pulau Beringin/Semende, Pimpinan Padepokan BUMI SERUNTING SAKTI,alumnus SMUN 1 Pagaralam, domisili di Banda Aceh_NAD, KAMI BANGGA JADI JEME BESEMAH>



...
Ditulis oleh Jeme Kite Gale, 30 August, 2009

@Yudi: Alhamdulillah ame mak itu. Ka ditunggu tulisan2ne.
@KangFekri: Tuape khabar?? aku sependapat nga tulisan Kaba. Kalu pacak tolong tulis dikit ttg semende, berikut artinye, asal muasale. Hubungane nga Puyang Awak (Syeh Baharuddin Nurqadim, penyebar ajaran agama di Islam di Besemah Libagh semende Panjang)

...
Ditulis oleh Darok, 05 September, 2009

MENGUAK SEJARAH : PAGAR ALAM MENGUKIR SEJARAH“Sebuah Catatan Dari Seminar Nasional Peradaban Besemah Sebagai Pendahulu Kerajaan Sriwijaya”Oleh : Budiarjo Sahar(Wakil Sekjen DPD KNPI Kota Pagar Alam, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Pagar Alam, Tenaga Pengajar STKIP Muhammadiyah Pagar Alam)
Spektakuler, itulah barangkali kata yang pas untuk disampaikan atas terselenggaranya Seminar Nasional “Peradaban Besemah Sebagai Pendahulu Kerajaan Sriwijaya” yang merupakan kerja bareng antara Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Dirjen Kesbangpol) dengan Pemerintah Kota Pagar Alam yang mengangkat tema : Dengan Seminar Nasional Peradaban Besemah Sebagai Pendahulu Kerajaan Sriwijaya Kita Wujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Rasa Cinta Tanah Air. Berlangsung dari tanggal 27 Februari 2009 s.d 1 Maret 2009 di Kota Pagar Alam. Seminar akbar yang dilaksanakan ini terbilang sukses karena cukup istimewa dan berbeda dengan seminar-seminar yang pada umumnya dilaksanakan, terutama pesertanya terdiri dari para raja-raja/sultan seantero nusantara, para budayawan, arkeolog dan pakar-pakar sejarah dari tingkat nasional dan lokal.
Walaupun terbilang sukses seminar ini masih menyisakan PR besar dan perlu ditindaklanjuti karena sampai seminar ini berakhir tidak ada satu pihakpun dalam seminar tersebut yang dapat menjelaskan secara pasti letak sesungguhnya Kerajaan Sriwijaya, namun bukan tidak beralasan kalau dikatakan bahwa peradaban Besemah sebagai pendahulu Kerajaan Sriwijaya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya temuan peninggalan peradaban masa lalu, berupa batu-batu besar yang berasal dari aktivitas kebudayaan megalitik, antara lain dalam bentuk ruang batu (rumah batu), kubur batu, pahatan yang membentuk lukisan dipermukaan bukit batu dan arca-arca yang tersebar ditanah Pasemah.
Hal ini didukung oleh hasil penelitian beberapa pakar megalitik berkewarganegaraan Belanda, salah satunya A.N.J.Th.A Th. Vander Hoop, yang hasil penelitiannya dituangkan dalam sebuah buku yang berjudul : The Megalitic Remains In South Sumatera (1932). Mengenai temuan sejumlah besar megalitik di Dataran Tinggi Pasemah didalam bukunya dikatakan “merupakan bukti yang kaya diawal sejarah’. Bukti-bukti itu menurut para pakar dapat dijadikan titik awal peradaban megalitik yang selanjutnya berkembang di wilayah Sumatera dan Jawa. Hal ini didukung pula oleh pendapat budayawan terkemuka di Sumatera Selatan yaitu Djohan Hanafiah yang memprediksi bahwa Dinasti Syailendra tersebut berasal dari dataran tinggi Pasemah dan sekitar Gunung Dempo.
Yang tidak kalah menariknya lagi Raja Jogjakarta Sultan Hamengkubuwono X disaat bersilaturahmi dengan jajaran Pemerintah Kota Pagar Alam, sehari setelah Seminar Nasional yang diselenggarakan di Kota Pagar Alam tersebut. Seperti yang disampaikan kembali oleh Walikota Pagar Alam Drs. H. Djazuli Kuris, MM pada saat pembinaan kepada pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Pagar Alam, menyampaikan bahwa Sri Sultan Hamengkubuwono X, secara tegas mengakui dan menyatakan bahwa Sri Sultan Hamengkubuwono X merupakan keturunan Kerajaan Syailendra, sedangkan Kerajaan Syailendra berasal dari Dataran Tinggi Pasemah.
Disisi lain Walikota Pagar Alam Drs. H. Djazuli Kuris, MM menegaskan bahwa seminar ini bukanlah akhir dari perjuangan, tetapi merupakan momentum awal upaya untuk mengenal sejarah Kerajaan Sriwijaya serta akan ada penelitian lebih lanjut “Besemah Sebagai Pendahulu Kerajaan Sriwijaya”. Kemudian harapan Walikota Pagar Alam selaku tuan rumah penyelenggara seminar ini disambut positif oleh Gubernur Bengkulu Agusrin Najamudin, yang juga merupakan salah satu tokoh muda di Sumatera Bagian Selatan ini, yang menghimbau agar para Gubernur di Sumatera Bagian Selatan ini agar duduk bersama, untuk menindaklanjuti seminar ini.
Apabila penelusuran sejarah ini dilanjutkan maka benang merah hubungan kekeluargaan akan semakin terlihat bahwa Kerajaan Sriwijaya ada keterkaitan erat dengan Kerajaan-kerajaan di Jawa. Hal ini dapat dijadikan satu dasar/pondasi dimana para keturunan Raja-raja tersebut dapat menyatukan kembali kebesaran dan kehebatannya tetapi dalam bentuk yang berbeda, bukan lagi dalam bentuk kekuasaan tetapi dalam bentuk budaya, dimana budaya merupakan benteng terakhir sebagai perekat bangsa*

...
Ditulis oleh Rudy Dana Jagalan, 05 September, 2009

Hello KangFekri smilies/smiley.gif tuape pangabaran ? lah lame giape merantau ke NAD tuh ......; masih ade peluang balek dusun dide minimal masuk ke SUMSEL agih; kmi berencane nak melunggukkah kanca2 yg peduli dan mau belajagh ttg besemah - semende ( p beringin ) - kisam - pd guci dll.....banyak sekali.
salam kenal juge sanak ....; juge kepada Kang Darok yg telah merilis ulang hasil seminar peradaban besemah pendahulu kerajaan sriwijaya ; THENGKYU BUNJU denagsanak atas tulisannye gale2 jadi tambah mantap kite jeme besemah nih....saat ini di SUMSEL ketua DPP JURAI BESESMAH masih dipegang oleh Bp. Asfan Fikri Sanaf ( juga DIRUT Bank SUMSEL ); selamat puase dan ....lanjutkah smilies/smiley.gif

...
Ditulis oleh yudy, 17 September, 2009

tuape kabar Rudy Gumay maini???

...
Ditulis oleh Edo Saman (Saung Naga), 17 September, 2009

alap benau cerite tu, lebih alap lagi kalu bukan provinsi basemah tapi Sumatera Tengah. maju terus jeme kite..

...
Ditulis oleh Edo Saman (Saung Naga-jurai tue), 17 September, 2009

payo jangan ribut-ribut masalah wilayah, makmn cucung puyang nih ngelurus sejarah. karena gumay ape basemah itu tinggalan sejarah, tugas kite deng behading tu saling jage, saling keruan bukan ribut.

maluam ngan jeme, tula dijajah belande. dekbideye yang benau, karena banyak sejarah pepuyangan ditambah-tambah dikurang-kurang. jadi pok kejari, puk jeme lampung, papua asal keturunan kita lahat besatu oiiiiiiiiiii

maluan dengan pepuyangan, payo rame-rame menao sejarah. yang sugi ngurusi deng sanak, yang sare bejeje klo nak berubah, asal jangan ribut.

aku keturunan Tuan Junjungan Robbiul Sakti. tugas kite negakkan adat istiadat, saling jage

...
Ditulis oleh dori guci, 13 October, 2009

salam kenal dari dori jeme padang guci.

sekedar nak ngenjuk tau asal muasal kamu jeme padang guci,kedurang,kinal dari gumay lembak lahat.jadi padang guci,kedurang dan kinal bukanlah besemah ye selame ini dianggap jeme sebagai besemah.puyang akku berasal dari dusum kerung gumay lembak

...
Ditulis oleh dori guci, 13 October, 2009

asal muasal kami uji bapang aku dari gumay lembak lahat, bukan dari pasma.selame ini temasuk di dalam besemah sekali nuduh ngateka padang guci pasma, itu salah.kami jeme padang guci ame 1 muharam balek ke lubuk sepang lahat.

...
Ditulis oleh yudy, 14 October, 2009

terime kasih don kaba la bekomentar, aku nak betanye ape gale-gale jeme padang guci kalu 1 Muharam balik ke Lubuk Sepang/gumay.....


...
Ditulis oleh damuk, 27 October, 2009

Sape nde pacakkanye tuape retinye tumpasan mate.
Dalam lagu ribu-ribu, itu ade kalimat "kalau lah rindu tumpasan mate, ayek mate dibuang jangan"

...
Ditulis oleh dori guci, 31 October, 2009

jeme padang guci tiap 1 muharam mayoritas ke lubuk sepang lahat gale, anye tiap dusun i wakili 2 sampai 3 perwakilan, walaupun dide, kami jeme padang guci asal muasale memang dari lahat bukan dari besemah pagar alam.name dusun aku di padang guci ialah dusun pagar alam(karene dusun aku dikelilingi alam yang asri) juge berasal dari gumay lahat.Sekian

...
Ditulis oleh dori guci, 31 October, 2009

kami jeme padang guci tiap dusun ye diwakili 2 sampai 3 perwakilan mbasuh pusake ke lubuk sepang, karene lubuk sepang pusat jeme gumay balik.di kaur bintuhan ade pule keturunan gumay ye name dusune semidang gumay, karene jeme semidang nga gumay ading kakang,sekian dulu kance kanceku.

...
Ditulis oleh anggia, 08 December, 2009

mang, tolong tampilkah artikel tentang jungku di pagaralam, trimsss

...
Ditulis oleh arie jel, 01 January, 2010

mang aku ndak numpang betanye, lukmane ame jeme kinal ? ame aku temasuk bene karne ade ye ngicik njak semidang, ade juge njak gumay, jadi lukmane titu nga ame keruan sape name puyang ye pertame datang kekinal. dusun mane ye dulu sekali dimasuki dikinal tu, nambah agi dikit mang naye, tape reti kinal tu ??

...
Ditulis oleh Donny, 04 January, 2010

Ai... aku dide keruan pule tape reti kinal tu... barangkali ade Kakang2 ndek pacak njelaskanye

...
Ditulis oleh Deni Syahputra, 22 January, 2010

aneh... besemah nga gumay niii.
bemalu dikit nga jeme "KUBU".. mak mane kina, mereka ne Melayu Tue..
SALAM SAN DI TEBAT GUNUNG, DEMPO SELATAN.

...
Ditulis oleh anggia septanti, 12 February, 2010

tape beda jungku dulu dengan jungku kini, tolong jelaskah dikit...

...
Ditulis oleh Kedungkuk, 09 May, 2010

Kontribusi Jeme Kite Masa Lalu, Masa Kini, dan
Masa depan untuk Negara tercinta Indonesia.

Bapangku jeme Semende, ndungku jeme Kisam, besak di Lampung, tue di Jakarta. Sekolah di Jepang (MA Ekonomi Pembangunan). Aku nak nanggapi debat Saudara Rudy Gumay dan kawan kisan di Besemah, Serunting Sakti (Semende?) dll. Kurase kite dikde usah nak mempersoalkan terlampau serius dimane kite berasal. Apelagi dengan tujuan untuk kebanggaan (ujub), karene salah-salah kite balik ke jaman suku-suku tanah arab pra Islam, dimane suku Quraish merase die ye paling Hebat. Nabi Muhammad bersabda, bahwa di depan Tuhan manusia itu pada dasarnya sama, yang membedakannya adalah tingkat Ketakwaan kepada Allah SWT.

Balik ke masalah perdebatan bahwa suku Gumay bukan Besemah atau sebaliknya. Kurasa, cukup kalau sampai kita tau bahwa ada resistensi dari Saudara Rudy Gumay kalau suku Gumay dianggap sebagai suku Besemah. Kita terima saja keberatan tersebut yang bisa benar atau sebaliknya. Kalau saya sebagai suku Semende/Kisam dikatakan oleh orang Tegal/Banyumas berasal dari keturunan Tegal/Banyumas pasti saya akan protes juga. Untuk Saudara Rudy perlu pula saya himbau untuk jangan sembarangan mengatakan bahwa orang Besemah itu pendatang paling muda di wilayah Lahat atau Pagaralam, karena banyak bukti baik transcript atau bukti sejarah yang menunjukkan bahwa Besemah itu sebagai suku yang cukup tua di Indonesia.

Saat ini Indonesia sedang membangun dan Insyallah dalam waktu tidak lama lagi (+/- 10 tahun lagi) akan menjadi bangsa besar dengan ekonomi sudah mendekati Negara maju. Untuk itu yang lebih perlu kita pikirkan bagaimana meningkatkan kontribusi jeme kite (di Lampung sering disebut orang “au”smilies/wink.gif dalam membangun bangsa ini. Salah satu cara adalah meningkatkan kualitas SDM yaitu dengan memperbanyak lulusan perguruan tinggi apakah D1, D3, S1, S2, S3 atau Professor-Professor. Seharusnya kita punya data berapa rasio (perbandingan) antara jumlah jeme kite yang lulusan perguruan tinggi dengan jumlah total penduduk jeme kite untuk dibandingkan dengan rata-rata nasional atau kalau ada data dengan suku-suku lain di Nusantara.

Pada awal-awal kemerdekaan Indonesia, suku di Sumatra yang terkenal banyak yang pintar dan berperan di Indonesia adalah orang awak (Padang), seperti Moh. Hatta, Moh. Nasir, Moh. Yamin, Moh Roem, Sutan Syahrir dll. Pada masa-masa orde baru menyusul orang-orang Batak, seperti M.Pangabean, Cosmas Batubara, AE. Manihuruk, J. Hutasoit, Arifin Siregar dll. Setelah periode 1990-an mulai eranya orang Sumatera Selatan, seperti Ali Marwan Hanan, Hatta Rajasa, Taufiq Kiemas, Ryamirzad Riakudu, Susno Duadji, dll. Nah, yang harus kita fokuskan adalah bagaimana meningkatkan peranan jeme kite (orang au), di tataran nasional. Untuk itu ke depan kita harus lebih focus agar lebih banyak generasi muda jeme kite yang menjadi S-2, S-3, dan Professor. Mari kita ciptakan juga pengusaha besar jeme kite sekelas Aburizal Bakrie (Orang Lampung), atau sekelas keluarga Motik (dari Kikim). Mengenai asal-usul kita, mari kita luruskan dan dudukkan dengan benar, dan kita jadikan acuan bahwa ninik puyang kita adalah orang-orang hebat dan berprestasi dan bukan orang yang Cuma bisa debat kusir mengenai asal-muasalnya seperti orang Quraish bangga akan ninik puyangnya. Jadi kehebatan ninik puyang kita di masa lalu dapat dijadikan cermin untuk lebih hebat di masa kini dan Masa depan. Masalah perbedaan Gumay, Besemah, Lahat, Semende, Kisam, Padang Guci, Kedurang, Kaur, Ogan, Kikim, Lintang dll sebaiknya kita jadikan keragaman dan keunikan yang menarik, dimana masing-masing ada kelebihan dan kekurangan (Bhineka Tunggal Ika).


...
Ditulis oleh arie Cucu Pangeran Jenapan (Terumpah Kace) Kinal, 10 May, 2010

Tape Pule Diributkah ?? ngijekah Propinsi Baru, ame aku ngajung buat negara baru, ??? panggil mamang susno ajung jadi presiden Sumatera njak pagar alam.SDM kite ade, SDA kite lah nyelah pule, tape agi kekurangannye jeme kite ni. ame kekurangan anggota panggil njak kinal, bnyak pule ye SDM ye lah maju.

...
Ditulis oleh isman, 10 May, 2010

aku bene pule ni tuape nga ye mane ye benagh kise kise diatas, anye amu endik sekedar tambahan di kami padangguci ade cerite puyang rie tabing dan serunting sakti, untuk kedue puyang ini masih ade napak tilasnye terutame puyang rie tabing. mak ini kuburan anye ade di bungin tambun padangguci.
sak di kate kate jeme tue didusun asalmule kami padangguci sak di pagar alam, belum tetemu aku nga jeme ye nyangkal, dan jurai kebalikan kami padang guci ye keruan li aku ade di ayik kikim jurai tue romsah amu dulu.kalau ade ye lengkap tolong kabari aku , aku endak keruan asal usul jeme padang guci

...
Ditulis oleh ogleng, 13 May, 2010

oi kance2 kalian tau enggak hadist ;generasi yang paling jelek adalah generasi yang mengagung-agungkan keturunannya/nenek moyangnya.

...
Ditulis oleh dori guci, 15 May, 2010

buat isman, ame kaba nak keruan asal usul jeme padang guci dari gumay lahat, bukan dari pagar alam, aku sebagai jeme padang guci dusun tanjung kemuning dide pernah ngaku jeme pagar alam, aku ngaku jeme gumay, dari gumay lembak dusun lubuksepang.ame kaba nak keruan silahkan sms aku di 0817-0834522 atau dengan DR.SATRIA US GUMAY,S.H 081366555522 SILAHKAN KABA SMS KAMI BEDUE, KAH KAMI JAWAB GALE PERTANYAAN KABA TUH. Besemah sekali nuduh mencaplok kebudayaan suku suku lain antara lain gumay,semende,ogan dll

...
Ditulis oleh dori guci, 15 May, 2010

buat operator jemekite.com aku jeme padang guci dari dusun tanjung kemuning merase sangat sangat keberatan ame padang guci di masuka dalam wilayah rurah besemah sekali nuduh, karene asal punyang aku dari gumay lembak lubuk sepang.aku mohon tulisan wilayah rurah besemah sekali nuduh ya sembilan ikok di pucuk itu di tinjau ulang jangan sampai memecah hubungan baik di antare kite jeme sumatra selatan, karene ini sudah masuk wilayah SARA.

...
Ditulis oleh dori guci, 15 May, 2010

Buat arie jie, jeme kinal itu berasal dari gumay dan semidang, semidang dan gumay itu adalah kakak beradik puyangnye.untuk lebih jelasa silahkan kaba sms ke 081366555522, die ye tau masalah sejarah kinal

...
Ditulis oleh dinda, 19 May, 2010

smilies/grin.gif udemlah kakang kakang jangan bebalah..ingat sabda rosul junjungan kite almuslim akhihul muslim..
artinye:jeme muslim itu bersaudara nga muslim lainnye..
kecuali ame nak keluar sandi agame islam jangan dengari agi kice an nabi kite tu...auuuu..

...
Ditulis oleh Am, 19 May, 2010

rukun2 saje mang ok,

...
Ditulis oleh nita, 02 June, 2010

Ass.wr.wb....aku setuju nga tulisan sandi kedungku, alangkah eluk kalu same-same ngalapka name besemah nga keahlian, jangan nga bebalahe bae ne di besak-besak ka, tuape sumbangsih dighi nga besema itu ne nomor satu....... , perbedaan itu indah amu di sikapi nga hati bersih n kepala dingin, berbagai-bagai suku itulah ciri khas jeme indonesia wabil khusus ne saat ini diribut ka ( besemah, gumay, kikim, lintang, semende, dll )ayoooo........maju membangun n mengisi name jurai nga ne iluk-iluk e....wai..........wass

...
Ditulis oleh dori guci, 26 June, 2010

Asslm. Aku dori paguci, asal usul kami sandi gumay dusun kuba, bukan sandi besemah, dusun pertame di p[adang guci adalah dusun tanjung kem uning dibentuk oleh puyang emar, sandi gumay bukan sandi besemah, SALAH BESAR ORANG BESEMAH.Aku harapkan perhatiannya kepada admin untuk menutup website inI,Kami jeme tanjung kemuning padang guci dan dusun lain bukan sandi besemah, kalau terjadi perang antar suku, kamu admin lah yang bertanggung jawan.SEKALI LAGI TUTUP WEBSITE MALING INI.BESEMAH SAMA DENGAN MALAYSIA TUKANG MALING.PUYANG AMAR PEMBENTUK DUSUN PADANG GUCI TIDAK TERIMA PERNYATAAN KLAIM KALIAN INI.MOHON MAAF SEBELUMNYA COY.DORI GUCI&MASYARAKAT TANJUNG KEMUNING PADANG GUCI

...
Ditulis oleh dori guci2, 26 June, 2010

SEKALI LAGI KAMI SAMPAIKAN KANDEK JEME BESEMAH KAMI MASYARAKAT PADANG GUCI BERASAL DARI SUKU GUMAY BUKAN BESEMAH.DUSUN PERTAMA DI PADANG GUCI ADALAH DUSUN TANJUNG KEMUNING DI BENTUK OLEH PUYANG AMAR DARI GUMAY LEMBAK DUSUN LUBUK SEPANG.BESEMAH SAMA DENGAN MALAYSIA TUKANG MALING BUAYA ORANG LAIN.KAMU TIDAK MAU MENGAKUI BESEMAH SAMPAI KIAMAT.APA KALIAN ORANG PASMA MAU MAU KITA PERANG SEKARANG.

DORI DAN MASYARAKAT TANJUNG KEMUNING PADANG GUCI

...
Ditulis oleh fintah gumay, 29 June, 2010

sebelum buat pernyataan sebaiknye terlebih dulu kance sekalian didukung dengan bukti yang nyata...ame kami padang guci mengakui keturunan gumay . kami merupekan keturunan njak puyang amar.jadi adik sanak sekalian jangan sesekali mengatakan kami bagian dari besemah..kami gumay tetap GUMAY....kalu ade ye menyangkal boleh saje tapi silahkan dihadirkan bukti yang bisa di jadikan pedoman.........silahkan membuat statemen tapi kami Gumay tetap GUMAY dan kami tidak merupakan keturunan dari suku manapun selain GUMAY

...
Ditulis oleh hari tagoek, 12 July, 2010

UDELAH KAMU BEHEBUT TUWE !!! nining kami kelampung tepate kepalas pasemah tahun 1930 bejumlah 30 uhang bejalan keting 30 ahi 30 malam, suhang jeme mbatak behas 30 kg kandek permakan selame dalam perjalan ncakaeghi tanah puyang dilampung. 30 puluh uhang ini lain gale dusune ade ye isan digumay, besememah ulu manak, besemah libagh yang jelas setiap rurah besemah pasti ade ye mewakili pejalanan kelampung tersebut. jadi menurut aku besemah sekali nuduh itu memang ade benaghe sebab setelah tanah puyang tu tetemu mulailah nining kami dulu bebagi dusun ade dusun gumay, dusun besisir (badah jeme isan dibengkuklu)dusun kisam, dusun tanjung beringin, dusun gedu agung, dusun tanjung bulan dusun semende. jadi palas pasemah akan dibuat sebuah perkampungan besar namun sayang jeme kite ye nyusul nining kami kelampung banyak ye ngelipat kedusun masing2 karene dik tahan sare. nining kami dulu menjalin hubungan persaudaraan yang kuat dengan suku asli lampung (sukulampung pesisir)yang diikat dengan istilah kekaroh. untuk itu jangan kite galak behebut tuwe ase paling gerut, ase pailng ringkih, ase paling benaegh sekali dihi.

...
Ditulis oleh Lastri Jamal, 28 July, 2010

salam kenal Jeme kite. aku anjam paca begabung disini. aku ma'ini dang nyusun skripsi aku mbahas tentang kata sapaan ngai kalimat pemintaan dalan budaya besemah, ade dide kire referensinye e? kalu tetemu, enjok tau aku wai. terime kasih smilies/grin.gif

...
Ditulis oleh nusirwan, 12 August, 2010

jeme belande tu pintar nian, pacak jeme kite tu dibasuhe utake, karene li beghebut tue, ade ye ngateka kiteni isandi jawe - ye kite pakai base isandi jawe beghape banyak kalu ade - ade ye ngateka kiteni isandi arab - ye kite pakai base isandi arab begape nbanyak kalu ade pule - atau isandi bada lain ade dide base ye kite batak isandi bada lain tu?
retinye kiteni mpuk bada jauh betemu dik kekela kenal dide, pacak sebase kalu li sepuyang ye damping juge amu puyang jauh nabi adam ye pasti dik bedie sate meletup ade jeme kite.
amu puyang kite isandi jawe kite pasti masih ade base jawenye, njadi janganla luk pelembang ratunye ye kawin nga jeme jawe njadilah jeme pelembang meghase keturunan jawe.
atau kite jaman baghi luk itula adee jeme datang ngajarka agame, kite la njade keturunannye. itu perlu kite teliti jangan ndak belage saje, dik ka maju li belage.

Tulis Komentar
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley


Masukkan karakter tulisan diatas

busy
 
< Sebelumnya   Berikutnya >